dedikasi.id – Sekitar pertengahan bulan Mei, beredar pemberitahuan melalui grup WhatsApp mahasiswa terkait pendataan bantuan kuota data internet bagi mahasiswa IAIN Kediri. Pemberitahuan tersebut disertai Google Form guna mengisi data setiap mahasiswa yang terdaftar di kampus beserta nomor ponselnya. Namun, hingga saat ini belum ada kepastian mengenai realisasi dari program tersebut.

Bantuan tersebut semula dicanangkan untuk pemenuhan kuota data internet mahasiswa pada bulan Mei dan Juni. Meski begitu, sampai bulan Mei berlalu tidak ada kejelasan ataupun kuota yang diberikan.

Wakil Rektor 2 bagian keuangan, Munifah, mengatakan bahwa bantuan tersebut tidak lagi menjadi tanggung jawab kampus. Pada awalnya memang kampus mengkoordinir hingga Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Agama melarangnya dan mengambil alih.

Pihak kampus mengakui tidak mengerti berapa besaran bantuan, sistem pengakuan dan kapan bantuan itu sampai. Keterangan terakhir yang didapatkan dari Kementerian Agama (Kemenag) pusat menyebutkan bahwa bantuan belum diberikan karena kendala pendataan. IAIN Kediri sendiri tercatat sudah mengirimkan 10.000 data mahasiswanya.

“Pada awalnya kami ingin memberikan bantuan tapi diblokir oleh Kemenag pusat di Jakarta dan langsung dipegang oleh Kemenag sekarang,” ungkapnya ketika ditemui di kantornya pada Kamis (03/06/2021).

Ia pun menambahkan jika hal itu dilakukan oleh pihak Kemenag berdasarkan regulasi yang berlaku. Jika sudah ada bantuan dari Kemenag maka kampus tidak boleh mengeluarkan bantuan kembali.

M Fani Prasetyo, perwakilan mahasiswa sekaligus Sekretaris Umum Senat Mahasiswa menyayangkan jika tidak ada bantuan sama sekali yang turun. Menurutnya, pelaksanaan kuliah daring menyebabkan fasilitas-fasilitas kampus tidak dapat langsung dirasakan mahasiswa.

Ia menuntut kampus agar mampu bersikap adil kepada mahasiswa. Adanya bantuan berupa pemotongan UKT dan kuota internet sangat penting untuk mahasiswa yang tetap membayar UKT secara penuh di saat pandemi ini.

“Kita mahasiswa bayar UKT full walaupun daring. Fasilitas juga banyak yang tidak didapat. Apalagi dengan adanya bantuan ini akan meringankan mahasiswa dan keluarga yang sedang mengahadapi penurunan ekonomi karena pandemi,” imbuhnya.

Baca artikel menarik terkait Kampus Kita lainnya di dedikasi.id

Reporter & Penulis: Maulana, Eko

Editor: Firnas