DEDIKASI.ID – Progam vaksinasi Covid-19 kini menjadi antusiasme tersendiri bagi pedagang Pasar Centong Bawang Kediri. Antusiasme ini timbul karena kesadaran menjaga kesehatan diri, keamanan transaksi yang dilakukan secara langsung, dan sebagai usaha penurunan angka kasus positif Covid-19.

“Biar melakukan transaksi juga enak dan aman, karena saya juga yang paling sering keluar dari rumah, jadi harus menjaga diri biar orang rumah gak terkena dampaknya,” tutur Binti Asyfiah, seorang pedagang sembako kepada Dedikasi, Minggu (24/10).

Saking antusiasnya, Asyfiah mengaku sebelum ada program vaksinasi dari pengelola pasar, ia sudah melakukan vaksinasi secara mandiri. Hal serupa juga disampaikan Ana yang merupakan pedagang ayam potong di pasar tersebut.

“Sebelum ramai-ramainya vaksin, saya sudah mencari vaksin sendiri, mbak. Soalnya saya juga perlu vaksin walaupun ada efek sampingnya, tapi biar lebih aman lagi dari virus corona,” ujarnya.

Program vaksinasi di Pasar Centong sendiri dikelola oleh Perusahaan Daerah (PD) Pasar dan sudah dilakukan sampai tahap dosis kedua.

“Pada Juli lalu dilaksanakan vaksinasi yang pertama dengan dosis vaksin AstraZeneca kemudian lanjut September dilakukan vaksinasi kedua dengan jenis vaksin yang sama,” ujar Santoso (40) yang merupakan anggota pengelola Pasar Centong. Ia juga bertugas sebagai tukang parkir di pasar tersebut.

Meski begitu, tidak semua pedagang mendapatkan vaksinasi Covid-19 dikarenakan beberapa pedagang, khususnya lansia, memiliki riwayat penyakit kesehatan sehingga kelompok ini mendapat pengecualian dalam penerimaan vaksin. Salah satunya adalah Siti yang sehari-hari berjualan ayam potong.

“Saya tidak bisa melakukan vaksin karena memiliki riwayat penyakit darah tinggi, jadi tidak bisa melakukan vaksin, tapi saya tetap berusaha menjaga dengan selalu menerapkan prokes,” terangnya kepada Dedikasi.

Baca juga artikel terkait Berita atau tulisan menarik lain di dedikasi.id

(dedikasi.id – Berita)

Reporter                  : Kelompok 1 (Faradilla, Arum, Rosa, Novian, Thaariq)

Penulis                    : Kelompok 1 (Faradilla, Arum, Rosa, Novian, Thaariq)

Editor             : Fina, Firnas