dedikasi.id – Pada bulan Juni lalu, surat pemberitahuan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester gasal tahun 2021 sudah mulai tersebar. Di edaran dengan format PDF tersebut tertera jangka waktu pembayaran yakni mulai tanggal 5 Juli hingga 7 Agustus 2021. Berbeda dengan semester sebelumnya, pada semester ini pendaftaran dan pendataan penerima potongan UKT tidak dibuka lagi.

Wakil presiden mahasiswa IAIN Kediri, Fedi Apriyadi juga membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan bahwa pemotongan UKT pada semester kali ini memang masih mengacu pada data lama dan tidak ada pembaruan data.

Selanjutnya, berdasarkan penuturan Munifah selaku Wakil Rektor 2 IAIN Kediri, bantuan pada semester kali ini mengacu pada data lama yang dilakukan pada semester genap awal. Bantuan tersebut berupa pemotongan UKT sebesar 15% dari total pembayaran.

“(Data) pemotongan UKT semester kemarin masih berlaku dengan semester ini,” ujarnya.

Bantuan lain yang rencananya diberikan kepada mahasiswa adalah pulsa. Pulsa tersebut rencananya diberikan kepada mahasiswa untuk bulan Mei dan Juni. Dari data yang tercatat, sekitar 10.000 mahasiwa telah mengirimkan data mereka berupa nomor ponsel. Namun, hingga masuk bulan Juli bantuan tersebut belum juga terealisasi.

Kru LPM Dedikasi pun mencoba mengonfirmasi tentang kejelasan pulsa tersebut. Pada wawancara yang dilakukan via WhatsApp, Munifah mengungkap bahwa bantuan tersebut rencananya akan diberikan pada awal bulan September namun dengan jumlah terbatas.

“Bantuan pulsa insyaallah akan diberikan, meskipun (jumlahnya) sedikit,” terangnya.

Penulis            : Ahmad Eko Hadi

Editor              : Firnas