dedikasi.id – Dema Pusat IAIN Kediri telah menyelenggarakan acara Pelatihan Jurnalistik pada Senin, 5 April 2021 di Gedung Fakultas Syariah Lantai 2 IAIN Kediri. Acara tersebut diadakan secara singkat dengan peserta yang terbatas.

Acara pelatihan hanya dilakukan selama 1 hari dan diikuti oleh peserta undangan saja. Peserta undangan terdiri dari organisasi mahasiswa (ormawa) yang ada di IAIN Kediri baik dari organisasi intra kampus maupun UKM dan UKK.

Menurut Laila Iswatun Khasanah selaku ketua pelaksana, pelatihan ini dilaksanakan bukan tanpa alasan. Tujuan utamanya adalah memberikan pelatihan berkaitan pengolahan informasi, publikasi, penulisan berita, dan jurnalistik kepada ormawa. Selain itu, acara yang disiapkan selama 10 hari tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan skill kepenulisan dan memperluas wawasan jurnalistik mahasiswa.

Di samping itu, terdapat beberapa kendala yakni singkatnya waktu pelatihan sehingga tidak sesuai dengan jadwal. Acara tersebut mulanya dijadwalkan mulai jam 08.00 pagi hingga jam 16.00 sore, namun dalam praktiknya hanya berlangsung kurang lebih dua jam yaitu dari jam 10.00 hingga 12.30 WIB.

“Awal mulanya karena kita mau pembukaan, nunggu warek 3. Ternyata beliau ada acara di Tulungagung. Nunggu peserta belum juga datang dan rencana kan 2 pemateri tentang penulisan berita dan Fotografi, tapi ternyata digabung Jadi 1 pemateri seperti itu,” terang Laila memberi konfirmasi.

Akhirnya acara tersebut diisi oleh Endro Purwito seorang Redaktur Radar Kediri. Menurut Ketua pelaksana, pada awalnya panitia berencana mengundang dua pemateri yakni dari Radar Kediri dan juga Dinas Kominfo Kota kediri. Namun dari pihak Kominfo berhalangan hadir, sebab banyaknya agenda dinas.

Di tengah acara pelatihan, pemateri memaparkan beberapa hal terkait kejurnalistikan. Diantaranya pengertian jurnalistik, undang-undang Pers, teknik-teknik serta langkah-langkah jurnalistik, dan syarat media massa.

“Tidak semua media massa memenuhi syarat untuk disebut sebagai media massa. Ada 4 syarat yakni publisitas, periodesitas, universalitas, dan aktualitas,” jelas Endro kepada peserta.

Baca juga artikel terkait Kampus Kita atau tulisan menarik lain di dedikasi.id

Reporter: Sayyid
Penulis : Ahmad Eko Hadi
Editor : Firnas