DEDIKASI.ID – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dedikasi IAIN Kediri mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2021 di Pondok Pesantren Darussalam, Centong, Bawang, Kediri. Dengan mengambil tema “Mewujudkan Pers Mahasiswa yang Kritis dan Independen”, PJTD tahun ini diharapkan menjadi pijakan kuat bagi para anggota baru LPM Dedikasi untuk siap berkarya.

“Diharapkan peserta yang mengikuti pelatihan bisa memahami ilmu jurnalistik dasar yang didapat selama 3 hari ini,” ucap Ulfi selaku Ketua Pelaksana PJTD.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 22-24 Oktober 2021 dan diikuti oleh 40 peserta ini diisi berbagai kegiatan.

Hari pertama dan kedua diisi dengan beberapa materi yaitu Analisa Kritis, Penulisan Berita, Teknik Penggalian Data, Elemen Jurnalistik, Fotografi Jurnalistik, Opini dan Sastra, serta Wacana Pers dan ke-PPMI-an.

Di hari terakhir, peserta terjun ke lapangan untuk menulis berita dan mempraktikkan ilmu yang didapat.

Sebelum adanya PJTD, LPM Dedikasi membuka perekrutan anggota baru pada tanggal 3-22 September. Selanjutnya peserta yang mendaftar melalui tahap wawancara pada tanggal 24 September.

Peserta yang lolos wawancara kemudian mengikuti pra PJTD 1 pada tanggal 12 Oktober secara offline di Student Center IAIN Kediri dan Pra PJTD 2 tanggal 19 Oktober yang digelar secara online melalui Google Meet.  

Seusai PJTD tentunya agenda anggota baru yang selanjutnya disebut anggota magang tidak berakhir begitu saja. Nantinya akan ada follow-up bagi peserta yang telah mengikuti PJTD termasuk penugasan liputan.

“Setelah PJTD akan dilanjutkan follow up bagi peserta untuk menguatkan materi-materi yang di dapat selama PJTD dan diharapakan bisa berkarya,” ujar Pemimpin Umum LPM Dedikasi, Ahmad Eko Hadi.

Baca juga tulisan terkait Berita Utama lainnya di dedikasi.id

(dedikasi.id – Berita Utama)

Penulis : Aslam

Editor    : Firnas