Site icon DẽDIKASI.ID

Untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa; KPU-M IAIN Kediri Gelar Sosialisasi Akbar Pemilu Raya

Sosialisasi oleh KPU-M (Sumber: Instagram @kpumiainkediri)

Sosialisasi oleh KPU-M (Sumber: Instagram @kpumiainkediri)

(DEDIKASI.ID) – Telah terselenggara sosialisasi akbar Pemilu Raya (PEMIRA) pada Kamis, (23/11/2023). Acara yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPU-M) IAIN Kediri tersebut, dihadiri oleh berbagai elemen mahasiswa seperti UKM, UKK, serta perwakilan dari Ormawa (Organisasi Mahasiswa).

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak dan meningkatkan partisipasi mahasiswa agar ikut serta dalam kontestasi politik yang ada di Kampus IAIN Kediri. Selain melakukan sosialisasi akbar, KPU-M memiliki program dengan melakukan sosialisasi ke kelas-kelas agar mahasiswa IAIN Kediri mengetahui informasi seputar PEMIRA 2023.

M. Syifaul Qulub Aziz selaku ketua KPUM menuturkan prosedur pendaftaran Daftar Pemilih Sementara (DPS) hingga menjadi Daftar Pemilih Tetap. Hal ini bertujuan agar mempermudah mahasiswa saat pelaksanaan PEMIRA berlangsung.

“Mengisi google form untuk data DPS akan dikelola oleh temen-temen PPU-M terlebih dahulu sampai waktu penutupan. Setelah itu kami dari KPU-M melakukan verifikasi data lalu mengumumkannya sebagai DPT di hari penentuan,” ujarnya saat diwawancara melalui WhatsApp pada (28/11).

Baca tulisan lainnya

Selain itu, untuk meminimalisir kecurangan dibentuk Badan Pengawas Pemilu Mahasiswa (Bawaslu-M) dalam mengawasi jalannya PEMIRA. M. Andri Arum B selaku ketua Bawaslu akan mengawal PEMIRA dengan adil dan ideal dari aturan yang dibuat oleh KPUM.

“Untuk itu Bawaslu memastikan aturan yang dibuat oleh KPU terlaksana secara administratif dan terkait penetapan tanggal yang ditetapkan oleh KPUM terlaksana secara pasti,” ujarnya saat diwawancarai oleh kru LPM Dedikasi pada (06/12).

Namun, pelaksanaan sosialisasi kali ini kurang berjalan dengan baik. Hal ini karena ketidakhadiran peserta dalam acara tersebut. Dengan kendala yang ada, dikhawatirkan sosialisasi yang dilakukan oleh KPUM tidak merata kepada seluruh mahasiswa IAIN Kediri. Terkait informasi PEMIRA lebih lanjut dapat dilihat di Instagram @kpumiiankediri.

Baca tulisan menarik lainnya di Dedikasi.id!

Reporter: Nail, Lela

Penulis: Navis, Lela

Editor: Riyadus

Exit mobile version