Site icon DẽDIKASI.ID

Resmi Dilantik, SEMA dan DEMA Mandataris Tekankan Sinergitas Organisasi

Foto: SEMA dan DEMA foto bersama Warek I dan III

(DEDIKASI.ID) – Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Pusat IAIN Kediri periode 2022/2023 resmi dilantik pada Rabu (02/03/2022). Bertempat di Gedung Sport Center IAIN Kediri, acara yang mengangkat tema “Membangun Semangat Baru, Menuju Organisasi yang Berkualitas, Loyalitas dan Solidaritas” ini berlangsung mulai pukul 10.17 -11.30 WIB.

Pelantikan ini diikuti oleh 50 peserta dengan rincian 19 orang dari SEMA dan 31 orang dari DEMA. Semua elemen di tataran fakultas serta perwakilan UKM dan UKK berjumlah 40 orang juga turut hadir sebagai tamu undangan.

Prosesi pelantikan sendiri dipimpin langsung oleh Wahidul Anam selaku Wakil Rektor III yang sekaligus bertindak sebagai pembaca Surat Keputusan (SK) Rektor dengan didampingi oleh Wakil Rektor I, Ahmad Subakir.

Muhammad Sholahuddin Arif, Ketua SEMA baru menjelaskan bahwa ke depan SEMA akan memiliki arah gerak yang parsial dan komprehensif. “Untuk selebihnya akan diadakan rapat kerja (raker) internal dari SEMA. Biasanya yang pertama untuk mewujudkan visi-misi. Kedua, menyusun program kerja bagi legislatif, seperti aturan AD/ART untuk DEMA.”

Sementara itu, ketua DEMA terpilih, M. Alfi Shihab, dalam sambutanya menuturkan bahwa kepengurusannya akan mensinergikan seluruh lembaga di IAIN Kediri. Hal tersebut meliputi mengembangkan potensi dan berkolaborasi bersama untuk membuktikan bahwa IAIN Kediri bisa berkembang dengan baik di tingkat regional maupun nasional.

Ditemui seusai acara, ia menjelaskan terkait koordinasi potensi yang ada di setiap lembaga yang berbeda-beda akan dimaksimalkan lewat kementerian yang ada di DEMA. “Kita berencana mengembangkan budaya baru dalam organisasi mahasiswa, perbaikan adminitrasi, pengembangan organsasi berkaitan dengan potensi yang berbeda itu tadi,” imbuhnya.Ketika ditanya mengenai langkah-langkah konkret kedepannya, Alfi belum berani memutuskan karena belum dilakukan raker. Terlebih, ia ingin membenahi komunikasi dan membangun kedekatan emosional terlebih dahulu.

“Rencananya raker internal terlebih dahulu lanjut rapat kerja gabungan (Rakergab). Insyaallah minggu depan hari Jumat dan Sabtu. Salah satu program kerjanya yaitu pelatihan soft skill dan hard skill. Yang kami harapkan, kepengurusan ini kita modelnya timbal balik jadi mahasiswa juga bisa feedback kepada kita,” terangnya.

Foto: Mandataris SEMA dan DEMA foto bersama SEMA dan DEMA lama usai prosesi serah terima jabatan

Baca juga lainnya Pelantikan KPUM Molor, Pemira 2021 Dilaksanakan 2022

Disisi lain, Riko, perwakilan dari UKM Foster yang hadir, menyayangkan molornya agenda pelantikan. “Dari schedule yang di bagikan pukul 09.15 WIB tapi mulainya sekitar 10.15 WIB kan molor satu jam. Mungkin kurang koordinasi,” ungkap Riko saat diwawancarai seusai acara.

Lebih lanjut, ia mengharapkan untuk SEMA dan DEMA periode ini agar meningkatkan koordinasi dan lebih dekat dengan UKM dan UKK maupun mahasiswa secara umum. “Untuk temen-temen DEMA lebih baik lagi koordinasinya, kalo koordinasinya bagus otomatis bawahanya juga bagus. Untuk SEMA kalo lebih dekat dengan UKM UKK kan otomatis mendengarkan keluh kesahnya itu bagaimana, pasti bisa mengambil sikap dari keluhan-keluhan.”

Ditemui secara terpisah, Ryan, mahasiswa prodi KPI, menyampaikan harapanya kepada SEMA dan DEMA terpilih. “Harapan saya buat SEMA dan DEMA IAIN Kediri, semoga lebih baik lagi dari sebelum-sebelunya, bisa mengayomi kususnya buat temen-temen IAIN, dari fakultas-fakultas juga bisa mengayomi semuanya, dan solidaritasnya bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Reporter : Iza, Wilda, Gilang, Intan, Adinda

Fotografer : Izadin

Penulis : Maulana, Sinta, Fina

Editor : Firnas

Exit mobile version