Site icon DẽDIKASI.ID

Ruang Kelas Kurang, IAIN Kediri Terapkan Kelas Malam

Gedung Kampus 4 IAIN Kediri malam hari.

Gedung Kampus 4 IAIN Kediri malam hari. (Foto: Dedikasi)

(DEDIKASI.ID)- Mulai semester ganjil tahun akademik 2022/2023, IAIN Kediri menerapkan kuliah malam sampai pukul 21.00 WIB. Kuliah malam merupakan suatu hal yang baru mengingat IAIN Kediri sebelumnya membatasi kuliah hanya sampai jam 16.20 WIB. Kebijakan baru ini pun cukup membuat mahasiswa keberatan.

Salah satunya adalah Dina (nama samaran). Ia merasa keberatan melaksanakan kuliah malam karena jarak rumahnya yang jauh dari kampus. Apalagi, pada hari itu hanya ada satu mata kuliah. Sehingga, mau tidak mau, perjalanan pulang pergi selama kurang lebih 1 setengah jam harus ia tempuh dari rumahnya di Plemahan Kediri hanya untuk mengikuti kuliah tersebut.

“Kebetulan mata kuliah yang diambil mata kuliah tambahan. Jadi hanya sisa tersebut di jam tersebut pula,” tambah mahasiswa semester 5 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) tersebut.

Menurutnya, kuliah malam sebaiknya dihapuskan saja, karena di IAIN Kediri tidak disediakan kelas karyawan. Sehingga, jika ada jam malam pasti mata kuliah yang lain akan berjarak jauh.

“Sehingga yang rumahnya jauh dan pulang pergi pasti bingung mau menunggu jam selanjutnya dimana,” jelas Dina.

Baca juga

Keluhan senada juga disampaikan oleh Dinda (nama samaran). Mahasiswa semester 5 Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) tersebut mengaku kaget dengan adanya kuliah malam dan merasa keberatan karena jarak rumahnya yang jauh dari kampus.

“Pendapat saya ini juga dipengaruhi tempat tinggal saya yang jauh. Rumah saya tidak dekat dengan kampus dan saya juga tidak kost di sekitar kampus, sehingga cukup menjadi beban bagi saya untuk pulang malam,” ujarnya ketika diwawancarai Dedikasi (09/09) via Whatsapp.

Husnu Rofiq selaku Kepala Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama menjelaskan bahwa kebijakan kuliah malam ini diberlakukan di IAIN Kediri karena jumlah mahasiswa yang cukup banyak, namun ruang kelas belum mencukupi. Selain itu, dikhawatirkan terjadinya jadwal yang bentrok.

“Kalau malam kan banyak yang kosong, jumlah mahasiswa kita memang cukup banyak yaitu kurang lebih 14.000 mahasiswa. Kalo kuliah pagi sampai siang kelasnya kurang nanti bisa dilakukakan di malamnya, tapi kalau pagi sampai siang kelasnya cukup ya tidak masalah,” ungkap Husnur pada Kamis (01/09).

Bagi mahasiswa mondok tidak perlu khawatir karena kampus sudah menyiapkan surat disposisi. Surat tersebut bisa diminta kepada dosen, sehingga mahasiswa tetap bisa mengikuti jadwal perkuliahan yang telah ditetapkan.

Kuliah malam memang diterapkan untuk semester ganjil ini. Namun untuk semester depan akan ditinjau lagi mengenai situasi dan kondisi yang terjadi. Tahun depan, IAIN Kediri berencana menambah gedung baru agar pembelajaran tidak sampai malam karena harus bergantian kelas.

Baca tulisan menarik lainnya di Dedikasi.id!

Penulis : Dewi
Reporter: Syafi’i dan Sinta
Editor : Elyza

Exit mobile version