Site icon DẽDIKASI.ID

Rest Area Puhsarang sebagai Peningkat Ekonomi Warga Sekitar

Rest Area Puhsarang (Foto: bkppkutim.com)

Rest Area Puhsarang (Foto: bkppkutim.com)

(DEDIKASI.ID)Rest area Puhsarang merupakan tempat yang bisa digunakan oleh pengunjung wisata untuk menepi sejenak. Lokasi rest area tersebut berada di lereng Gunung Wilis, Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Tempat ini menjadi sarana pengunjung untuk melepas penat sembari menunggu perjalanan berlangsung. Terdapat food court atau tempat makan yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman khas Desa Puhsarang.

Berdiri tidak jauh dari kawasan Gereja Katolik St. Maria Puhsarang, banyak jemaat gereja yang berasal dari luar daerah beristirahat di tempat ini. Selain warung makan, terdapat masjid yang dapat digunakan sebagai tempat ibadah umat muslim.

Ada beberapa makanan dan minuman khas yang dijual seperti; ayam lodho kampong, dan es dawet jagung manis. Pengunjung dapat menikmati sajian tersebut sembari beristirahat sejenak. Dengan perpaduan suasana pinggir lapangan serta angin sepoi-sepoi, menambah kenyamanan para pengunjung.

Selain memberi kenyamanan bagi para pengunjung, rest area tersebut memberikan dampak baik bagi warga sekitar. Lapak yang sudah didirikan selama 17 tahun silam ini, mampu menjadi tempat pencaharian bagi warga Desa Puhsarang. Pihak desa memberikan kesempatan bagi warga untuk mengelola tempat ini dengan biaya kebersihan Rp5000 setiap hari.

Tempat ini sudah berdiri sejak 17 tahun yang lalu. Awalnya dulu cuma lahan kosong punyanya pak lurah. Habis itu dibangun terus dipakai untuk berjualan warga,” ujar Sumini (54) sebagai salah satu penjual di sana.

Ibu Sumini saat membungkus pesanan (Foto: Dedikasi)

Selain perempuan berusia 54 tahun itu, terdapat penjual lain yang berpendapat bahwa fasilitas yang diberikan oleh desa sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari hingga dapat menyekolahkan anak-anaknya.

Alhamdulillah selama berjualan disini kebutuhan sehari-hari dapat tercukupi, untuk makan, listrik itu pasti cukup. Alhamdulillah saya juga dapat menyekolahkan anak-anak dan sekarang ada yang sudah masuk di universitas juga,” terang Nafsiah.

Baca tulisan lainnya

Sementara itu, testimoni datang dari beberapa pengunjung. Mereka sering menepi di tempat ini karena terdapat menu makanan dan minuman yang variatif serta pelayanan yang baik. “Saya paling suka di sini itu ya makanan sama pelayanannya itu lho. Pelayanannya sangat ramah dan cepat ketika ada pengunjung yang memesan makanan,” ujar Maskur (68) pengunjung dari daerah Banjaran, Kota Kediri.

Pengunjung datang lebih ramai pada hari-hari tertentu khususnya ketika ada acara kerohanian di gereja. Jemaat berbondong-bondong mampir ke rest area ini untuk mencari makanan dan minuman. Selain jemaat gereja, banyak pengunjung berwisata di daerah ini atau sekedar ingin mencari ayam lodho kampong dan es dawet jagung manis khas Desa Puhsarang.

Baca tulisan menarik lainnya di Dedikasi.id!

Reporter : Handy, Maskur

Penulis : Rohma, Navis

*Berita ini merupakan hasil dari Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2023

Exit mobile version