Site icon DẽDIKASI.ID

Menanti Realisasi Harapan dan Tujuan BEM Kediri Raya

dedikasi.id – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kediri Raya (BKR) telah selesai menyelenggarakan pelantikan pengurus dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pada Kamis (8/4) di Aula Rektorat IAIN Kediri lantai 4. Acara tersebut dihadiri perwakilan dari BEM se-kediri. Harapan dan tujuan BKR telah disampaikan dan masyarakat menunggu realisasi dari program kerjanya.

Prian Apriyudi, Koordinator BKR menjabarkan bahwa BKR merupakan aliansi yang berisi perwakilan kampus-kampus yang ada di kota maupun kabupaten Kediri. Ia menuturkan bahwa anggota BKR tidak harus anggota BEM. Seluruh mahasiswa yang ada di Kediri boleh ikut berproses.

“Kampus-kampus yang aktif di Aliansi ini sekitar 15 kampus, yakni IAIN Kediri, UNP, UNISKA, IAI Tribakti, POLINEMA, Dharma Husada, IIK BW, STIBA dan lain-lain,” ujarnya.

Prian menjelaskan tujuan dari BKR pertama kali yakni untuk menjaga silaturrahmi antar kampus. Selain itu, aliansi ini bertujuan untuk mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah, mengadvokasi masyarakat kelas bawah, serta menegakkan keadilan di Kediri.

Ia menambahkan bahwa aliansi yang sedang dipimpinnya ini lebih bersifat kepada pengabdian karena masih banyak wilayah-wilayah di Kediri baik kota atau kabupaten yang membutuhkan perhatian dan bantuan.

Yusril, mahasiswa dari Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK BW) sekaligus ketua pelaksana, menegaskan bahwa fungsi dan tujuan BKR lebih menekankan pada peran mahasiswa di masyarakat agar mampu mengisi ruang-ruang kosong di masyarakat terutama di Kediri.

“BKR lebih terjun ke masyarakat. Disamping itu, BKR juga mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah. Jadi, Rakerda itu lebih difokuskan ke masyarakat,” jelasnya saat diwawancarai oleh kru LPM Dedikasi seusai acara.

Salah satu pengurus, Ahmad Roy Rohmadi, perwakilan dari Universitas Nusantara PGRI (UNP) berkomitmen jika BKR menjadi mitra kritik pemerintah dan mampu mengakomodir aspirasi masyarakat di Kediri raya melalui pengawalan isu lokal mapupun nasional. Senada dengan Roy, Ifayatul Husna, mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Badrus Sholeh (STAIBA) Purwoasri lebih berharap BEM Kediri Raya mampu meningkatkan kerjasama yang lebih baik lagi dan berguna bagi masyarakat.

Baca juga artikel terkait Berita atau tulisan menarik lain di dedikasi.id

(dedikasi.id – Berita)

Reporter: Dhea, Aslam
Penulis: Ahmad Eko Hadi
Editor: Firnas

Exit mobile version