Site icon DẽDIKASI.ID

Wisata Minggu Pagi di Tengah Kota Kediri, Taman Sekartaji

Suasana Taman Sekartaji (Foto: Wix)

Suasana Taman Sekartaji (Foto: Wix)

(DEDIKASI.ID) – Semilir angin pepohonan menghiasi Taman Sekartaji, melengkapi hijaunya pemandangan yang menyejukkan mata. Suasana yang lebih dari cukup menjadi magnet orang-orang ramai berdatangan. Tak jarang, momen Minggu pagi di Taman ini diramaikan oleh berbagai komunitas. Mulai dari pegiat seni, pecinta binatang, hingga organisasi pemuda dengan kegiatan seperti diskusi terbuka.

Taman dengan luas total 7000 meter persegi ini terletak di Jl.Veteran, Mojoroto Kota Kediri. Terletak di tengah Kota Kediri, fasilitas yang ditawarkan Taman Sekartaji terbilang cukup lengkap. Di sebelah barat area parkir, terdapat 3 bangunan yang masing-masing adalah kamar mandi laki-laki, kamar mandi perempuan, dan mushola dengan design tembok bata merah yang dibiarkan terbuka.

Berjalan lebih jauh ke arah barat ada balai pertemuan yang dapat digunakan untuk berbagai acara seperti pameran produk dan nobar film. Spot untuk pengunjung keluarga juga tak kalah lengkap, di area yang berseberangan langsung dengan Bundaran Sekartaji, terdapat spot akupuntur kaki dan bangku taman (berbahan semen) yang dibuat melingkar. Tidak ketinggalan juga pancuran air yang jadi “jujukan” anak-anak.

“Anak saya kalo kesini yang dicari airnya mbak, biasa anak kecil suka main air,” terang Yani, seorang ibu yang menemani anaknya bermain di area pancuran.

Baca tulisan lainnya

Yani kemudian menambahkan bahwa harga tiket masuk yang terjangkau (red: 2 ribu rupiah) juga menjadi salah satu alasannya menjadikan Taman Sekartaji destinasi wisata untuk menikmati Minggu pagi. Ditambah pula dengan banyaknya penjaja kuliner murah meriah sehingga ia tak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk mengajak anaknya liburan.

Bagi para penjual, Taman Sekartaji juga menjadi pilihan karena banyaknya pengunjung yang hadir. Omzet penjualan dalam sehari bisa mencapai 200 ribu bahkan lebih.

“Kalau pendapatan tidak bisa di pastikan. Tapi per hari ini untuk makanan ringan kaya gorengan sudah dapat 120 ribu, sedangkan buat yang makanan basah paling rendah 120. Enaknya juga kalo disini bisa lihat anak-anak kecil mainan jadi bawaannya bahagia,” kata Rahma penjual aneka makanan ringan berumur 30 tahun.

Taman Sekartaji dikelola oleh Pemerintah Kota Kediri dan sudah 6 tahun beroperasi sejak tahun 2017.  Berdasarkan wawancara dengan salah satu satpam,  pengunjung yang datang dari pagi sampai malam mencapai 200 orang ketika sedang tidak ada acara. Namun ketika ada acara pengunjung yang datang dapat meningkat hingga 1000 orang. Acara yang diselenggarakan di taman ini pun biasanya bisa sampai 3 kali dalam sebulan dan tentu membawa rezeki bagi para penjual.

Baca tulisan menarik lainnya di Dedikasi.id!

Reporter : Nail Sahila

Penulis : Nail Sahila

Editor : Finaqurrota

*Berita ini merupakan karya anggota magang untuk mengikuti kegiatan Penempuhan Kartu Pers 2023

Exit mobile version