Site icon DẽDIKASI.ID

UKM AMOEBA Gelar Music For Donations Untuk Para Penyandang ODGJ

(Poster Donasi : UKM AMOEBA)

(Poster Donasi : UKM AMOEBA)

(DEDIKASI.ID) – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) AMOEBA, gelar agenda Road to Kreae Phoria yang ke-20 tahun pada 10 Juli sampai 04 Agustus 2023. Agenda tersebut menggandeng seluruh UKM/UKK yang ada di Institut Agama Islam Negri (IAIN) Kediri.

Agenda ini mengusung kegiatan open donasi yang diperuntukkan kepada Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berada di Kabupaten Kediri, tepatnya di Yayasan Sangar Kesehatan Jiwa Baitul Latifah Desa Susuh Bango, Kecamatan Ringinrejo dan Yayasan Fajar Baitussalam Nusantara Desa Boto Putih, Kecamatan Pare.

Kegiatan ini dilakukan secara lapangan dengan konsep Music For Donations, yakni mengadakan konser musik dibeberapa titik keramaian. Seperti menggelar pameran saat Car Free Day (CFD) di area jalan Dhoho dan CFD area Simpang Lima Gumul (SLG). Kegiatan ini dilakukan setiap weekend selama rentan waktu open donasi masih di buka.

Baca tulisan lainnya

Anis (60) salah satu donatur yang menyaksikan kegiatan tersebut secara langsung, mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan dengan musik adalah salah satu kreatifitas yang mengundang ketertarikan tersendiri pada kalangan masyarakat.

“Kebetulan saya suka musik dan musik bagus untuk kegiatan berdonasi seperti ini,” ungkapnya.

Selain kegiatan yang dilakukan secara lapangan, kegiatan ini juga dilaksanakan secara online melalui platform digital. Pelaksanaan open donasi secara online dilakukan dengan penyebaran pamflet melalui media sosial. Selain itu donatur bisa mengirimkan donasinya melalui transfer rekening ataupun aplikasi seperti Dana.

Saat wawancara terkait persiapan, Alan selaku ketua UKM AMOEBA menerangkan bahwa kegiatan tersebut seharusnya dilakukan di bulan Mei. Namun karena terdapat beberapa kendala, akhirnya kegiatan tersebut dilakukan sebelum konser dan dibuat secara berkelanjutan.

“Persiapan dilakukan mulai bulan Mei akhir, awalnya muncul wacana untuk galang dana waktu konser diesnatalis berlangsung,” terangnya.

Selain itu ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama 1 bulan ini mengahasilkan donasi sebesar Rp4.320.000 dan beberapa sembako lainnya. Pelaksanaan penyerahan donasi akan dilaksanakan pada malam berbagi bersama UKM/UKK dan pengelola panti.

“Terkait teknis lebih lanjut masih ada dua rencana yaitu penyerahan secara simbolis atau langsung ke lokasi,” terang ketua UKM AMOEBA.

Dari agenda ini diharapkan orang-orang semakin memperhatikan keberadaan ODGJ. Serta semakin peka terhadap orang yang membutuhkan kepedulian secara sosial.

Baca tulisan menarik lainnya di Dedikasi.id!

Reporter : Maulana

Penulis : Maulana

Editor : Riyadus

Exit mobile version