Site icon DẽDIKASI.ID

Perdalam Hubungan Antar Umat Beragama Mahasiswa SAA IAIN Kediri Gelar Studi Lintas di Pura Jala Sidhi Amerta Sidoarjo

Suasana Pura Jala Sidhi Amerta. (Foto Bella)

Suasana Pura Jala Sidhi Amerta. (Foto Bella)

(DEDIKASI.ID) – Matahari menjulang tinggi, sejumlah 57 mahasiswa dan 3 dosen Studi Agama Agama IAIN Kediri kunjungi Pura Jala Sidhi Amertha Sidoarjo pada Rabu, (06/06). Kegiatan ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Studi Agama Agama (HMPS SAA). Studi lintas ini bertujuan untuk memperkuat pengetahuan mahasiswa dan menambah wawasam mengenai kajian lintas agama secara langsung dari penganut agama tersbut.

Suasana yang ramai membuat forum tersebut menjadi hidup. Selain itu dalam acara ini pemateri juga mengulas sejarah berdirinya Pura ini. Dimana nama Jala Sidhi Amerta memiliki arti bahwa kehidupan sempurna yang berasal dari air. Pura ini didirikan di atas wilayah pasukan TNI Angkatan Laut.

Pembangunan pura ini dilaksanakan secara bertahap mulai dari perencanaan di tahun 1996 sampai di resmikan pada tahun 2009 dimana Pura ini berdiri atas izin TNI Angkatan Laut yang beragama Hindu,” tutur Basuhdewa selaku bagian rumah tangga Pura Jala Siddhi Amertha.

Baca tulisan lainnya

Tidak hanya mengenai sejarah berdirinya Pura ini saja, namun terdapat juga aspek kegiatan yang diadakan di Pura ini. Diantaranya ada aspek pendidikan, sosial, dan budaya. Arsitektur bangunan Pura ini erat kaitannya dengan arsitektur Hindu di Bali. Selain itu tradisi yang berkembang di Pura ini sudah tercampur dengan tradisi Jawa.

Dalam kajian agama Hindu terdapat poin penting yang disampaikan oleh Gusti Ketut Budi Arta selaku sekertaris Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) sekaligus pemateri ke 2 dalam kajian lintas agama tersebut. Ia menjelaskan tentang sikap humanisme dan toleransi dalam agama Hindu. Dimana menurut pemaparannya menolong seseorang tidak harus memandang dari segi agamanya, namun jika orang tersebut membutuhkan pertolongan maka kita wajib untuk membantunya.

Jika ada orang yang membutuhkan pertolongan maka kita harus menolong dia tanpa melihat agamanya, kan?,” ucapnya saat menyampaikan materi yang ia paparkan.

Baca tulisan menarik lainnya di Dedikasi.id!

Penulis : Bella

Editor : Riyadus

*Berita ini merupakan karya anggota magang untuk mengikuti kegiatan Penempuhan Kartu Pers 2023

Exit mobile version