Site icon DẽDIKASI.ID

Dakwah Safari : Media Bermasyarakat Ala Pondok Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab

Pembukaan acara Dakwah Safari di Desa Pagu. (Foto: Niswa)

Pembukaan acara Dakwah Safari di Desa Pagu. (Foto: Niswa)

(DEDIKASI.ID) – Guna menyiapkan bekal santri dalam bermasyarakat, Pondok Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab Ngronggot Nganjuk laksanakan kegiatan Dakwah Safari. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 18-26 Juni 2023 di Desa Semanding Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri.

Dakwah Safari adalah kegiatan dimana para santri terjun langsung ke masyarakat, yang bertujuan mengukur kemampuan pengamalan ilmu yang sudah didapatkan di Pondok Pesantren. Kegiatan Dakwah Safari ini juga menjadi wadah bagi santri untuk mempelajari problematika kehidupan di masyarakat.

Sebelum para santri melaksanakan kegiatan Dakwah Safari, mereka akan diberikan penguatan ilmu terlebih dahulu untuk bekal di lapangan. Salah satu penguatan ilmu yang paling ditekankan adalah pendidikan akhlak.

“Akhlak harus dijunjung tinggi-tinggi, karena nilai dari santri ya akhlak itu sendiri,” ucap Wildan Habibi, selaku Pengurus Pondok Pesantren saat diwawancarai pada Sabtu, (17/06).

Baca tulisan lainnya

Adapun lokasi yang dipilih untuk kegitan Dakwah Safari adalah lingkungan masyarakat yang sekiranya bisa digunakan untuk menerapkan pengamalan kurikulum pesantren. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian yang tidak mengenakkan di lapangan yang justru menjadi bumerang tersendiri bagi para santri.

“Pesantren ini berbasis kurikulum Prophetic Entrepreneur Education (Pendidikan Usaha berbasis sifat-sifat kenabian), jadi kita sesuaikan dimana ada daerah yang banyak pelaku usahanya,” ungkap Wildan.

Dakwah Safari  merupakan program rutin tahunan yang diadakan Pondok Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab. Pandemi Covid 19 membuat kegiatan ini vakum untuk beberapa saat. Setelah pandemi selesai, akhirnya pada tahun ini Dakwah Safari dapat kembali dilaksanakan.

“Terakhir kali Dakwah Safari itu tahun 2019, tapi karena pandemi akhirnya program ini tidak berjalan. Tahun ini karena pandemi sudah berakhir maka Dakwah Safari kembali berjalan, ujar Siti Salamah, Koordinator putri pada Jum’at, (16/06).

Santri yang terlibat juga menyambut baik kegiatan Dakwah Safari tahun ini, menurutnya ini adalah ajang untuk belajar bermasyarakat secara langsung dan menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari selama di pondok.

“Seneng banget mbak ada Dakwah Safari, karena biasanya di pondok tidak boleh keluar. Akhirnya ada Dakwah Safari kita bisa belajar langsung bermasyarakat,” pungkas salah satu peserta.

Baca tulisan menarik lainnya di Dedikasi.id!

Reporter : Niswa Niscahya

Penulis : Niswa Niscahya

Editor : Finaqurrota

*Berita ini merupakan karya anggota magang untuk mengikuti kegiatan Penempuhan Kartu Pers 2023

Exit mobile version