Site icon DẽDIKASI.ID

DIKPARA V UKM PSM, Gerbang Awal Berprosesnya Anggota Baru

DEDIKASI.ID – UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) telah menyelesaikan perekrutan anggota barunya tahun ini. Hal itu ditandai dengan terselenggaranya agenda Pendidikan dan Latihan (Diklat) Paduan Suara atau disebut “DIKPARA” Edisi ke-5. Agenda tahunan yang digelar di MI NU Insan Cendekia Betet, Pesantren, Kediri tersebut merupakan tahap awal yang harus dilalui anggota baru untuk menjadi anggota resmi UKM PSM.

Dyah Octaviana selaku Ketua Pelaksana mengatakan agenda yang bertema “Berkreasi dalam Melodi, Bersatu dalam Simfoni” ini dilaksanakan selama dua hari satu malam, yakni hari Sabtu-Minggu tanggal 23-24 Oktober. Peserta berasal dari anggota baru yang telah lolos pendaftaran yang dibuka pada tanggal 7 September hingga 21 September. Sedangkan, untuk panitia yang bertugas yaitu dari anggota UKM PSM angkatan 2019 dan angkatan 2020, dan angkatan 2018 sebagai pendamping.

Ia menambahkan jika kegiatan dalam DIKPARA V berisikan pemberian materi terkait UKM PSM diantaranya seperti materi olah vokal dan solfegio, keorganisasian, dan sejarah UKM PSM. Selanjutnya, agenda malam hari diisi dengan kegiatan pentas seni berupa penampilan tiap kelompok dalam unjuk kemampuan bernyanyi.

Tidak hanya materi dan pensi, namun ada juga malam keakraban. Di dalamnya, panitia maupun peserta berbaur bersama dengan tujuan agar saling mengenal satu sama lain.

Ikrar menjadi acara puncak pada malam Diklat sebagai bentuk sahnya para peserta Diklat menjadi anggota baru UKM PSM. Esok harinya agenda ditutup dengan senam, game dan sarasehan.

“Menuju pertengahan malam, kegiatannya berupa prosesi ikrar, dimana proses ini ditujukan untuk pemantapan para anggota baru, dan menguatkan mental para anggota baru,” ujarnya.

Ketua umum UKM PSM, Anita Hilmiana memaparkan jika Dikpara hanya dilakukan satu kali dalam satu periode kepengurusan. Kegiatan ini, tuturnya, berfokus pada pemantapan calon anggota muda UKM PSM, pengenalan UKM PSM maupun antar anggota UKM PSM.

Anita mengungkap bahwa terdapat proses-proses yang harus dilalui jika ingin menjadi anggota, mulai dari pendaftaran, audisi, hingga tes wawancara. Ia juga menuturkan jika setelah Diklat masih terdapat proses yang harus dilalui para anggota yakni latihan rutin yang ada di UKM PSM dan pembagian suara menurut divisi suara.

“Sebelum agenda Dikpara, para peserta mengikuti audisi 3 tahap, yakni penampilan diri mereka melalui video yg dikirim secara online, melalui tes kepekaan nada dan yang terakhir adalah wawancara.”

Nahkoda UKM Paduan Suara tersebut berharap jika kedepannya anggota PSM lebih matang dalam organisasi dan skill. Selain itu, seusai Diklat, ia ingin anggota baru memiliki rasa solidaritas, memiliki sikap tekun dan ulet, agar kedepannya menjadi pribadi yang unggul.

Baca juga artikel terkait Berita menarik lainnya di dedikasi.id

(dedikasi.id – Berita)

Penulis  : Eko

Editor    : Firnas

Exit mobile version